Daftar Blog Saya

Jumat, 22 Oktober 2010

GUNUNG TAMPOMAS

















GUNUNG TAMPOMAS


DIKETAHUI dari beberapa sumber terutama dari penduduk Kabupaten Sumedang, hanya sedikit yang benar-benar mengetahui keberadaan gua alam ini dan hampir sebagian besar menyatakan kesangsiannya bahwa di Gunung Tampomas terdapat sebuah gua.

Sebagian besar, khususnya masyarakat Kabupaten Sumedang serta sebagian penduduk yang berada di wilayah Jawa Barat lainnya, mengenal Gunung Tampomas selain pemandangan alam serta potensi air alamnya yang melimpah dan terkenal dengan kejernihannya, mereka mengenal bahwa di gunung tersebut terdapat patilasan Eyang Prabu Siliwangi, yang sering dijadikan sebagai sebuah tempat ziarah untuk mengenang perjuangan serta kesalehan beliau. Termasuk pula ilmu beliau yang hingga saat ini masih terasa manfaatnya, munculnya istilah silih wangian serta beberapa hal yang masih memiliki keterkaitan dengan istilah ini.

Dari sebuah sumber terpercaya penulis memperoleh sebuah informasi bahwa gua alam Gunung Tampomas itu memang ada. Bukan lagi merupakan sebuah mitos, bahkan beberapa waktu sebelumnya telah diadakan sebuah eksplorasi alam, menelusuri gua tersebut, dan Maha Suci Allah, gua tersebut ternyata memiliki potensi yang menakjubkan dari segi relief maupun kedalamannya.

Sumber terpercaya yang penulis maksud merupakan seorang tokoh masyarakat daerah setempat. Salah satu hal yang beliau inginkan ialah diadakan sebuah eksplorasi penelitian alam, dan pengelolaan potensi sumber daya alam Kabupaten Sumedang untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya, yang tentunya dikelola oleh sebuah badan/lembaga yang diterima oleh semua pihak sehingga adil.

Sangat disayangkan, telah beberapa kali beliau meminta perhatian khusus dari pemda setempat terkait pengembangan SDA ini termasuk Dinas Pariwisata, untuk sama-sama berupaya mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan melalui pemanfaatan beberapa tempat yang mengandung potensi wisata dan sejarah, namun belum juga ditanggapi dengan sungguh-sungguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar